Pendidikan Tanpa Kekerasan #peacewalkforeducatioan

0
1734

Ada bermacam-macam kasus kekerasan yang terjadi di sekolah. Antara lain yang paling umum adalah bullying antarpelajar. Tak hanya itu, tawuran antarseklolah serta senioritas yang menjurus pada penindasan masih kerap terjadi. Di samping itu, yang paling memprihatinkan justru kekerasan di sekolah melibatkan pendidik. Pendidik disebut kerap memberi tekanan terhadap murid dengan dalih perintah otoritas sekolah atau dengan tujuan untuk mendisiplinkan siswa.

JPPI merasa perihatin dengan kondisi seperti ini. Untuk itu, JPPI bekerjasama dengan kelompok pemuda dan pelajar anti kekerasan IPYG (International Peace Youth Group) melakukan kampanye kepada public pada hari Minggu 14 Mei 2017 di car free day. Kampanye ini ditempuh dengan melakukan PEACE WALK di sepanjang area car free day jalan MH. Thamrin Jakarta. Pada kesempatan tersebut JPPI mengajak masyarakat untuk turut serta menghentikan kekerasan di sekolah.

Jika menemukan kasus, masyarakat dihimbau untuk berperan melaporkan melalui situs pengaduan laporpendidikan.com. Ubaid mengatakan, hingga kini masih belum banyak masyarakat atau peserta didik yang berani melaporkan kasus yang dialami. Sebab, tak jarang siswa yang berani melapor kemudian dipanggil pihak sekolah. Mereka dianggap mencemarkan nama baik sekolah, atau malah mendapatkan intimidasi.

JPPI menilai bahwa kekerasan di sekolah ini juga berpotensi buruk dalam proses pembentukan karakter peserta didik. Salah satunya adalah mengerasnya sifat egoisme dan sikap intoleransi terhadap yang berbeda pandangan. Maka, tak heran jika ada riset yang mengemukakan bahwa ada kisaran 7 hingga 10 persen siswa berpotensi radikal. Riset ini dilakukan Setara Institut 2015 dan juga Wahid Foundation 2016. Meskipun persentasenya kecil, tetapi jika 10 % dari jumlah siswa maka menemukan jumlah yang banyak.(jppi/tim)

Vlog Dara Adriana, 2017

#laporpendidikan#wajar12tahun#educationforall#stopkekerasan#pendidikantanpakekerasan#pendidikantanpadiskriminasi#newindonesia12#unesco#unicef#aspbae#csef

Leave a reply