Rumadi: Tanpa Integritas Teknologi Tak Berguna

0
504

Jakarta, NU Online

Ketua Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU, Rumadi Ahmad mengatakan secanggih apa pun teknologi saat ini tidak akan ada gunanya bila manusia tidak memiliki integritas. Integritas menjadi kata kunci yang sangat penting, termasuk di lingkungan sekolah dalam menghadapi dan memanfaatkan teknologi.

“Karena yang difokuskan adalah manusianya,” kata Rumadi pada Ngaji Teknologi Teknologi sebagai Sarana Peningkatan Kualitas dan Pemerataan Pendidikan di Ruang Perpusatakaan Gedung PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, Rabu (30/5) sore.

Ia menyebut jika sebuah Undang-Undang ada kekurangan, namun penegak hukumnya memiliki integritas, masih ada harapan untuk tegaknya kebenaran. Analogi hukum dikatakan karena dirinya berlatarbelakang hukum Syariah.

Dalam bidang pendidikan, kurikulum atau infrastruktur boleh sedikit jelek dan kurang mendukung. Namun, selama guru dan siswanya memiliki integritas, masih ada celah harapan terbangunnya kualitas pendidikan.

Keberadaan teknologi, menurut Rumadi hanyalah sebagai alat bantu. Dan alat bantu bernama teknologi tidak berfungsi selama tidak mendorong manusia untuk berpikir. Canggihnya teknologi yang menyebabkan berlimpahnya informasi, nyatanya tidak membuat manusia berpikir, karena informasi itu disajikan dengan tulisan atau bentuk lainnya yang dangkal. Untuk memancing manusia agar berpikir, menurut Rumadi, harus dilakukan dengan membaca.

“Teknologi secanggih apa pun kalau minat orang untuk membaca tidak ditumbuhkan, nggak ada gunanya,” ulang dia.

Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini mengataka, kepada mahasiswanya, ia selalu mencari ide bagaimana dalam mengerjakan tugas kuliah, para mahasiswa tidak sekadar copy paste dari internet. Mahasiswa dipacu untuk membaca, dan menuliskan gagasannya sesuai dengan kemampuan dan pemahamannya. Hal itu untuk membangun integritas para mahasiswa. (Kendi Setiawan)

Leave a reply