JPPI Dapat Laporan Kepsek Jual Bangku ke Orang Tua dalam PPDB

0
155

Jakarta: Koordinator Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji mendapat laporan ada kepala sekolah yang menjual bangku ke orang tua siswa. Hal itu agar orang tua dapat memastikan anaknya dapat bersekolah di sekolah tersebut.

“Ada beberapa masyarakat itu datang ke JPPI mereka itu bilang dipanggil kepala sekolah, menawarkan kalau anaknya mau diterima harus sediakan sekian puluh juta (rupiah),” kata Ubaid dalam webinar Kisruh PPDB dan Korupsi di Sekolah dalam siaran YouTube sahabatICW, Rabu, 13 September 2023.

Ubaid mengungkapkan kepala sekolah mengatakan kepada orang tua siswa bila tak membayar, tak ada jaminan anaknya lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah tersebut. Karena tak bisa membayar puluhan juta rupiah, anak dari orang tua tersebut akhirnya tidak diterima.

“Begitu pengumuman ya memang enggak ada nama anaknya. Apakah ada orang tua yang belain anaknya untuk itu? Ya mungkin ada orang tua yang punya uang untuk itu,” beber dia.

Hal yang membuatnya lebih miris karena praktik ini dilakukan oleh kepala sekolah langsung. Bukan lagi lewat makelar PPDB.

“Jadi, sevulgar itu, dipanggil kepala sekolah langsung,” ungkap Ubaid.

sumber: Medcom.id

Comments are closed.