Bedah Buku “Al-Jabiri, Eropa dan Kita – Dialog Metodologi Islam untuk Dunia

0
1244

Jakarta – Kalangan muda dari sejumlah kampus dan organisasi prodemokrasi terkemuka turut hadir dalam kegiatan bedah buku P3M, diskusi berlangsung cukup interaktif,even cukup penting ini bertema Bedah Buku “Al-Jabiri, Eropa dan Kita – Dialog Metodologi Islam Nusantara untuk Dunia”, karya KH Ahmad Baso, kegiatan berlangsung di Hall utama P3M di kawasan Cililitan Jakarta Timur, Jumat (2/2).

Penulis buku KH Ahmad Baso mengatakan bahwa karyanya didedikasikan bagi memperkuat kajian-kajian lintas peradaban terutama dalam mewujudkan formulasi komprehensif Islam Nusantara yang digagas di tanah air.

Buku setebal 562 halaman; “Al-Jabiri , Eropa dan Kita merupakan dialog metodologi Islam Nusantara untuk Dunia” , memuat kumpulan tulisan Muhammad Abed al-jabiri terkait tafsir kontemporer Manhaji Islam Nusantara “al-Muhafazhah”(Bertradisi) dan “al-Akhdzu” (Tajdid).

Panelis bedah buku, terdiri dari beberapa narasumber kunci antara lain KH Masdar F. Mas’udi , Abd Moqsith Ghozali dan Zuhairi Misrawi, serta kalangan muda pengurus induk P3M dan mitra. Sebelum agenda puncak bedah buku, beragamm even digelar pagi hari , terutama Tahlil dan Yasinan untuk para pendahulu Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M).

Even-even keilmuan dijadwalkan berlangsung reguler, guna mengembalikan kiprah P3M, sebagai pusat kajian keislaman, demokrasi dan kemanusiaan. Perhimpunan pengembangan pesantren dan masyarakat (P3M) merupakan sebuah lembaga atau organisasi sosial kemasyarakatan yang berbasis pada komunitas pesantren sebagai pusat pendidikan dan keagamaan masyarakat akar rumput (grassroot). P3M didirikan oleh sejumlah kyai pengasuh pondok pesantren dan beberapa tokoh masyarakat sipil terkemuka untuk mewadahi dan menfasilitasi kepentingan pesantren dalam penguatan dirinya kepada masyarakat sekitar dan lingkungannya. Lembaga atau organisasi ini menjalankan pusat kegiatannya di Jakarta, sejak berdirinya tahun 1983.P3M memiliki jaringan pesantren di wilayah Indonesia. (Berbagai sumber/Tim)

Leave a reply